I always feel lucky and blessed

Saya mungkin mengenal sosok Dipha Barus pertama kali lewat lagu No One Can Stop Us yang dirilisnya bersama Kallula pada tahun 2016. Namun, jauh sebelum itu, disjoki yang juga dikenal sebagai komposer dan produser ini memulai karirnya dengan meremix lagu ”Love Song” milik Bayu Risa (2013) dan ”Oh Baby” dari Rinni Wulandari (2015). Di tahun yang sama saat orang mulai mengenalnya lewat lagu “No One Can Stop Us”  di mana ia juga berkolaborasi dengan Rinni Wulandari dan Teza Sumendra dalam ”Lemme Get That” (2016). 

Bagi Dipha Barus, kolaborasi tentu bukan hal yang asing, ia yang kini merajai dunia musik dansa elektronik tanah air juga pernah berkolaborasi dengan Bunga Citra Lestari dalam  “Aku Wanita” (2017), sebelum merilis “All Good” bersama Nadin Amizah, dan ”Decide” bersama A. Nayaka, Matter Mos dan Ramengvrl di tahun yang sama. Lagu-lagu yang telah dirilis olehnya, membawanya mendapatkan sejumlah penghargaan. Tiga tahun berturut-turut, Dipha Barus memenangkan piala Anugerah Musik Indonesia untuk Karya Produksi Terbaik di tahun 2016-2018. Dipha yang dulunya adalah bassist dalam sebuah band yang membawakan genre punk, kemudian mengenal musik elektronik secara tidak sengaja. Melihat kisahnya, nampaknya keberuntungan di industri musik sering berpihak padanya. Lalu bagaimana ia memaknai keberuntungan yang dimiliki sekarang? Kami pun menghubunginya dan membicarakan mengenai keberuntungan.

Bagi Dipha Barus, keberuntungan adalah cara kita berterima kasih akan hal baik yang dialami atas apa yang sudah terwujud dari yang kita inginkan. Menurutnya keberuntungan dianggap sebagai sesuatu yang tidak disangka-sangka yang terjadi dalam hidup. “Terkadang kita bahkan nggak bisa jelasin bagaimana kita bisa mewujudkan keinginan kita, dan ketika keinginan tersebut terwujud, akhirnya kita merasa beruntung”, ungkap Dipha. Baginya faktor keberuntungan, terlepas dari dibutuhkan atau tidak, sebenarnya adalah hal-hal yang terjadi di luar kendali kita. Namun, bagi Dipha keberuntungan jika dilihat lebih dalam lagi, terjadi atas apa yang telah kita usahakan untuk diwujudkan.

Jika ditanya apakah keberuntungan itu bisa diciptakan atau datang dengan sendirinya, Dipha menjawab, “Sebagai manusia, kemampuan kita untuk menciptakan sesuatu pasti terbatas sekali, kadang ada hal-hal diluar kontrol kita yang akhirnya membantu kita mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Kalau konsepnya seperti itu, peran keberuntungan pasti masuk ke area yang kita nggak bisa kontrol. Dengan demikian, hal tersebut pasti datang dengan sendirinya”, tutur Dipha. Dipha sendiri merasa menjadi orang yang beruntung. Baginya, banyak sekali hal yang membuatnya bersyukur. Ia mengaku bersyukur karena impiannya menjadi seorang musisi sejak dulu akhirnya bisa tercapai. Selain itu, banyak hal penting yang ia butuhkan bisa terjadi. “I always consider myself lucky and blessed by the universe. Maka dari itu sekarang fokus gue adalah bagaimana melalui karya, gue bisa give back more!”, ungkap Dipha.

Tentu tak sedikit keberuntungan yang Dipha rasakan hingga ia dapat ada di titik sekarang. Ada beberapa hal yang Dipha sebut sebagai keberuntungan. Kesempatan, merupakan keberuntungan yang membuat ia bisa berkarya dan karyanya bisa tersebar luas dan dinikmati oleh banyak orang. Kesehatan, adalah hal yang membuat Dipha terus bisa mencapai mimpi-mimpinya. Juga keberuntungan memiliki pasangan terbaik yang sekarang menjadi istrinya. Itu hanyalah sebagian kecil keberuntungan yang Dipha dapatkan.

“Itu hanya beberapa keberuntungan besar yang gue dapat, yang kecil dan yang gue dapat setiap hari, wah..nggak terhitung!”, tutur Dipha. Hal lain yang menurut Dipha didapatkannya berkat keberuntungan adalah bertemu orang-orang yang bekerja sama dengannya selama ini. Dengan bantuan mereka, karya Dipha Barus bisa menyebar hingga ke mancanegara seperti salah satu yang paling berperan adalah label musiknya: ULTRA Music. 

Bagi Dipha, merasa beruntung adalah perasaan yang harus dimiliki seseorang setiap harinya. “Merasa beruntung artinya sama dengan grateful, bagi gue itu adalah rasa yang harus kita miliki setiap harinya”, ungkap Dipha. Menurutnya, pandangan tersebut akhirnya bisa membuat kita memiliki perilaku positif dan akhirnya hidup kita juga jadi bermakna bagi orang lain. Keberuntungan yang Dipha dapatkan juga ia bagikan kepada orang lain, cara Dipha berbagi keberuntungan tersebut adalah melalui karya yang ia buat. Tak jarang Dipha juga membagikan pengalamannya kepada orang lain. Dipha juga mengaku bahwa perasaan beruntungnya bisa menghasilkan sebuah karya. “Keberuntungan itu biasanya result dari feeling grateful tadi, dan setelah itu biasanya gue mendapatkan insight yang kemudian menjadi tema atau pesan utama dalam tiap karya yang gua hasilkan”, tutup Dipha.

Cari tahu tentang Dipha Barus melalui Instagram @diphabarus

Penulis: Emira P. Pattiradjawane

Foto: Dokumentasi pribadi

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x