Musisi Mempersatukan Massa

Kebanyakan orang hanya tahu sosok Rizky Febian atau yang akrab disapa Iky ini sebagai anak dari komedian, Sule. Iky sendiri mengakui bahwa sampai saat ini ia merasa masih banyak orang yang berpikir bahwa ia hanya aji mumpung karena ketenaran ayahnya. Padahal proses yang ia lalui untuk menjadi seorang penyanyi tidaklah mudah. Butuh waktu, tenaga, dan keinginan keras untuk bisa menerbitkan karya-karyanya yang bisa kita nikmati kini. Meskipun begitu, Iky tetap bersyukur atas proses yang dijalaninya itu. Sesuatu yang tidak dengan mudah didapatkan menurutnya akan menjadi cerita yang bermakna untuk suatu hari ia ceritakan kembali pada anak-anaknya kelak.

“Cita-citaku sebenarnya memang jadi penyanyi dari dulu. Suatu waktu saat aku sedang libur dari homeschooling, aku belajar nyanyi mati-matian secara otodidak dari Youtube. Aku orangnya pemalu jadi ini caraku paling nyaman. Setiap hari aku dengerin terus lagu-lagu Stevie Wonder, Boyz II Men, hingga Robin Thicke. Saking seringnya, sampai kalau aku ada di resto atau kafe dengerin lagu mereka, aku minta matikan lagunya”, cerita Iky sambil terkekeh. Akhirnya, dari yang tidak tahu nada, jadi tahu, jadi bisa enakin nada. Musisi-musisi tersebut dianggapnya sebagai figur-figur yang amat memengaruhi Iky dalam bermusik. Selain juga Marcell Siahaan, Trio Lestari dan almarhum Glenn Fredly. Pertama kali terjun ke dunia musik, para musisi dalam negeri tersebut yang merangkulnya, memberi ilmu dan pelajaran hingga ia bisa menemukan jati diri yang sebenarnya dalam berkarya.

Sementara itu, terdapat juga beberapa lagu yang dinilai telah menjadi pahlawan untuk Iky yang membantunya mengembangkan kemampuan bermusik. Salah satunya adalah album “II”, Boyz II Men yang mana mengajarkan Iky tentang teknik vokal, cara menghayati dan menyampaikan sebuah lagu. Ia juga suka sekali dengan lagu “Undecided” dari Chris Brown. Menurutnya, stage act  Chris Brown saat menari di panggung patut diacungi jempol. Lalu ada pula lagu “One Last Cry” dari Brian Mcknight yang menjadi lagu pertama yang dinyanyikannya di depan umum. Lagu tersebut sangat berjasa dalam perkembangan bermusiknya. Sedangkan dari dalam negeri, “Kasih Putih” menjadi lagu yang paling mengenang untuknya. “Dulu di konser Yovie Widianto, untuk pertama kalinya aku dikasih kesempatan untuk bawain lagu itu dengan caraku sendiri. Momen itu sangat luar biasa sekali. Setelah itu pun sebenarnya aku ada diskusi untuk berkolaborasi dengan mendian Glenn Fredly. Sayangnya, Tuhan mengatur jalan lain dan kami belum sempat merealisasikan itu”, curhatnya.

Glenn Fredly di mata Iky adalah seorang sosok yang begitu berarti. Ia melakukan banyak observasi tentang hidup Glenn dari nol hingga bisa jadi seorang legendaris. Iky menyatakan kekagumannya yang amat sangat terhadap proses perjalanan penyanyi asal Maluku tersebut. Iky pun meyakini bahwa kesuksesan bukanlah dinilai dari apa yang kita dapatkan saat ini. Kesuksesan adalah ketika kita sudah tiada tapi karya kita masih diingat banyak orang. Itulah juga alasan mengapa Glenn Fredly baginya adalah seorang sosok pahlawan. Akan tetapi, Iky juga percaya bahwa pada dasarnya semua musisi adalah pahlawan karena musik adalah salah satu bidang yang mempersatukan orang banyak. Lewat musik kita bisa menyampaikan sesuatu yang bermakna. Entah ia seorang musisi atau bukan, musik bisa menjadi media untuk memberikan pengaruh pada orang lain. “Menurutku para musisi yang sampai detik ini berkarya adalah pahlawan karena mereka terus berusaha mempertahankan musik untuk tetap ada, tetap berkembang dan maju. Dua hal yang tidak bisa dilepaskan satu sama lain adalah musik dan film. Musik tidak ada video clip, tidak bisa. Sebaliknya, film tidak ada musik juga akan mati. Dua hal ini yang memberikan warna dalam kehidupan kita sehari-hari”, tambahnya lagi.

Ketika ditanya orang-orang yang paling memengaruhi hidup Iky, jawabannya adalah kedua orang tua dan adik-adiknya. “Sampai detik ini, tujuanku berkarier bukanlah untuk mencari kepuasanku sendiri tapi untuk membanggakan dan membahagiakan mereka. Aku juga berpikir dengan aku berkarya seperti ini bisa membantu anggota keluarga besarku yang masih membutuhkan bantuan. Dengan terus berkarya, konsisten dengan apa yang aku percaya dan karyakan, niscaya akan mensejahterakan keluarga. Sebab aku ingin jadi orang yang berguna dan memberikan kebaikan untuk banyak orang,” begitu tutupnya. 

Stalk perjalanan bermusik Rizky Febian di @rizkyfbian

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x