Berikan Pengaruh Baik Untuk Orang Lain

Candi Soeleman merupakan seorang sutradara video klip, fotografer dan kini juga dikenal sebagai entrepreneur karena membuat berbagai macam usaha mulai dari kuliner hingga usaha pakaian muslim. Mengawali karier sebagai wedding photographer dan videographer, rupanya ia sudah lama bercita-cita menjadi sutradara video klip. Awal kariernya mejadi seorang sutradara video klip bermula dari keisengan menawarkan diri untuk membuat video Andien untuk lagu ‘Gemilang’. Namun sayang video klip yang seharusnya menjadi video klip pertama yang ia garap, berhenti di tengah jalan.

“Waktu itu baru setengah ngerjain video klip untuk Andien, ternyata mandek ditengah jalan. Akhirnya, malah ngerjain video klip untuk band The Cash ”, ungkap Candi. Video kilp band The Cash yang digawangi oleh, Tora Sudiro, Vincent Rompies dan Desta dengan lagu berjudul ‘Bike Love’ justru menjadi video klip pertama yang dikerjakan oleh Candi Soeleman. Setelah selesai mengerjakan video klip untuk band The Cash, ia melanjutkan kembali video klip Andien yang sempat terhenti.

Tak disangka, video klip tersebut memenangkan Dahsyatnya Awards 2013. Pada acara tersebut, video klip Andien untuk lagu ‘Gemilang’ meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu untuk Sutradara Video Klip Terdahsyat dan kategori Video Klip Terdahsyat. “Pas menang nggak nyangka sih, awal bikin video klip padahal cuma pengen cerita ke anak cucu kalau ‘dulu bapak nih’ atau ‘kakek nih, pernah bikin video klip loh, walaupun gagal”. Eh ternyata nggak gagal, malah menang. Akhirnya malah keterusan sampai sekarang”, tutur Candi.

Jika ditanya ia lebih senang disebut sebagai sutradara, pengusaha atau fotografer, maka ia lebih memilih disebut sebagai Candi saja. Baginya, jabatan atau gelar yang ada padanya itu tidaklah penting. Ketika bertemu musisi atau praktisi di industri musik dan lebih mengenalnya sebagai sutradara, maka ia senang. Bertemu dengan pihak event organizer dan mengenalnya sebagai seorang fotografer, ia juga senang. Atau bertemu dengan orang yang tahu bahwa dia adalah pengusaha, juga baginya tidak masalah. “Biar orang saja yang nilai aku, jangan tanya aku lebih senang disebut sebagai pengusaha, sutradara atau fotografer”, ungkap Candi.

Sosok Candi Soeleman juga dikenal sebagai sosok yang kerap berbagi hal positif melalui akun sosial medianya. Sebagai contoh ketika ia berada di tanah suci untuk menjalankan ibadah umrah. Kala itu ia membagikan foto-foto bagunan-bagunan islami kota Mekah di Instagram Story miliknya dan mempersilahkan followers-nya mengambil foto tersebut untuk dijadikan koleksi pribadi atau wallpaper handphone. Ketika ditanya kenapa selalu berbagi hal-hal baik di akun media sosial miliknya, jawabannya cukup simpel.

“Karena memang aku ingin bisa menebarkan kebaikan dan juga memberikan informasi yang baik dari apa yang aku yakini secara soft selling melalui social media milikku”, ungkapnya. Hal tersebut juga ia tuangkan melalui dua brand busana muslim yang ia miliki, IMAM dan TAQWA. Kedua brand tersebut ia buat dengan tujuan agar anak-anak muda bisa memakai baju muslim dengan cara yang kasual. Pria yang selalu menjalani apapun mengikuti keyakinannya ini, mengaku jika ia harus menerima tawaran yang bertentangan dengan nilai agama yang ia anut, maka ia tidak akan menolak tawaran tersebut namun ia akan mencari sisi positif dari pekerjaan tersebut, serta membuat sesuatunya menjadi lebih edukatif tanpa melanggar apa yang ia yakini.

Baginya islam itu sangat luas dan ia percaya bahwa segala sesuatu datangnya dari Allah. “Aku percaya banget sama Allah, pekerjaan aku akan membawaku kemana sudah aku serahkan ke Allah, pekerjaan-pekerjaan yang aku rasa kurang sesuai biasanya aku ikhlaskan ke Allah, dan akhirnya bisa dijalani dengan baik dan tanpa kendala”, tutur Candi. Baginya sukses atau tidaknya pekerjaan yang ia lakukan selalu ada hikmah dan maksud baik di baliknya. Untuk itu, ia selalu berharap menjadi pribadi yang lebih baik dan memiliki pengaruh yang baik bagi orang di sekitarnya. “Aku berharap orang bisa menjadi lebih baik gara-gara kenal sama aku. Aku nggak akan mengubah orang untuk menjadi sempurna, tapi cukup menjadikan orang lain lebih baik lagi setelah kenal aku”, tutup Candi mengakhiri obrolan kami.

Simak cerita-cerita Tika Pangabean selengkapnya di @botikapangabean

Penulis: Emira P. Pattiradjawane

Editor: Andi F. Yahya

Fotografer: Thomas Sito

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x