Peraih AMI Awards Terbanyak Sepanjang Masa

Saat kecil saya suka sekali menonton ajang penghargaan yang disiarkan di televisi. Senang sekali  melihat kebahagiaan seorang musisi atau seniman menerima penghargaan. Naik ke atas podium, mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang sudah membuat mereka bisa berdiri memegang piala malam itu. Belakangan saya kerap mendengar jawaban beberapa selebritis ketika ditanya “Apa sih arti piala-piala ini untuk kamu?” sebagian besar menjawab bahwa piala tersebut adalah bonus kerja keras mereka. Namun saya rasa piala atau penghargaan yang diraih seseorang bukan hanya sekadar bonus. Lebih dari itu, penghargaan menjadi penting untuk menyemangati sebuah keberhasilan. Dengan diraihnya sebuah penghargaan tentu rasa percaya diri dan semangat untuk menghasilkan karya yang lebih baik akan meningkat. Utamanya, penghargaan jika dipublikasikan dengan baik dapat menjadi alat marketing yang efektif bagi seorang seniman. Seorang musisi misalnya, ketika ia memperoleh penghargaan, ia tidak perlu bersusah payah menceritakan keunggulannya. Penghargaan yang ia terima yang akan berbicara.

Membahas mengenai penghargaan saya jadi tertarik melihat lebih dalam ajang penghargaan musik tertinggi di Indonesia. Anugerah Musik Indonesia atau yang sering disebut AMI Awards adalah sebuah penghargaan tahunan yang diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia dengan gagasan dari Asosiasi Industri Rekaman, Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia, serta Karya Cipta Indonesia. AMI Awards pertama kali diadakan pada tahun 1997 dengan jumlah piala yang diberikan sebanyak 34. Jumlah penghargaan AMI Awards terus mengalami penambahan maupun pengurangan dari tahun ke tahun. Belum lama, AMI Awards mengadakan malam puncak penghargaan ke-23, AMI Awards 2020. Sudah banyak piala yang diberikan kepada sejumlah musisi. Siapa saja musisi yang mendapatkan penghargaan AMI Awards terbanyak sejak ajang ini diadakan? Saya melakukan riset, mengumpulkan nama-nama peraih penghargaan AMI Awards sejak tahun 1997-2020 yang diambil datanya dari situs resmi AMI Awards. Berikut adalah tiga musisi dengan raihan penghargaan AMI Awards terbanyak.

Pertama adalah Erwin Gutawa. Siapa yang tidak mengenalnya? Komponis, konduktor, produser  dan penata musik yang sudah menelurkan banyak karya di Industri musik Tanah Air. Ia meraih total 19 penghargaan dari AMI Awards. Dimulai dari tahun 1998, penghargaan pertamanya adalah Produser/Penata Musik Terbaik-Terbaik untuk lagu “Kala Cinta Menggoda” yang dibawakan oleh almarhum Chrisye. Setelah itu, Erwin Gutawa tidak berhenti berkarya dan terus memperoleh penghargaan dari AMI Awards. Berikut daftar penghargaan yang diraih Erwin Gutawa dari ajang AMI Awards:

Band NOAH atau yang sebelumnya bernama Peterpan merupakan band dengan penghargaan terbanyak selama AMI Awards diadakan. Peterpan yang dulu berganggotakan Ariel (vokal), Andika (keyboard), Uki (gitar), Lukman (gitar), Indra (bass) dan Reza (drum) berganti nama menjadi NOAH pada tahun 2012. NOAH saat ini terdiri dari Ariel (vokal), Lukman (gitar) dan David (keyboard). Total penghargaan AMI Awards yang mereka raih adalah sebanyak 17 penghargaan. Berikut daftarnya:

Peraih penghargaan terbanyak sepanjang AMI Awards diadakan berikutnya adalah Agnes Monica atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Agnez Mo. Penyanyi wanita yang sudah memulai kariernya di industri hiburan sejak berusia enam tahun ini meraih total 14 penghargaan AMI Awards. Berikut daftar penghargaan yang telah ia raih: 

Merekalah musisi yang meraih penghargaan terbanyak sepanjang AMI Awards digelar. Hingga kini, ketiga musisi tersebut masih terus menghasilkan karya-karya dan terus meraih berbagai penghargaan di bidang musik dari ajang penghargaan musik lainnya. Hal ini terbukti, bahwa konsistensi mereka dalam berkarya membuahkan hasil sekaligus menunjukan kualitas mereka.

Karya-karya mereka juga dapat kalian stalking melalui akun Instagram :

Penulis: Emira P. Pattiradjawane

Fotografer: Berbagai sumber

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x